Welcome To My Ordinary Blog! I'm Glad You're Here! :))

Menu

Senin, 16 Oktober 2017

Seberapa Sering Anda Seharusnya Mencuci Barang Anda

Tak satu pun dari kita tahu persis berapa lama kita sebaiknya membersihkan barang-barang penting kita sehari-hari di rumah kita. Sulit bagi kita untuk mengetahui apakah kita terlambat untuk membersihkan suatu barang sehingga beresiko bagi kesehatan kita. Atau malah sebaliknya, kita terlalu sering membersihkan suatu barang yang dapat beresiko pada cepat menyusutnya barang dan mengurangi usia pemakaian barang tersebut. 

Dilansir dari Henry Hoover, berikut ini gua akan membagikan informasi seberapa sering sebaiknya suatu barang dibersihkan, disertai dengan instruksi pembersihannya.

1. Seprai

Penyakit asma, demam, dan eksim/gatal-gatal pada kulit, semua bisa dipicu oleh tungau debu, yang tumbuh subur di seprai kotor. Anda disarankan untuk membersihkan seprai kotor Anda sekali seminggu. Cuci dengan air temperatur tinggi (54-65 derajat Celcius) untuk memastikan Anda menyingkirkan semua hama yang tidak diinginkan ini, kemudian keringkan bisa dengan hair dryer.

2. Bantal
Studi menunjukkan bahwa berat dari sebuah bantal akan meningkat dari waktu ke waktu karena akumulasi tungau debu. Dengan menggunakan siklus lembut pada mesin cuci Anda, cuci dua bantal bersamaan pada waktu bersamaan, segera ikuti dua siklus bilas dan siklus pengeringan. Bantal bisa dicuci tiap 3-6 bulan sekali.

3. Jeans

Setiap kali Anda mencuci celana jeans Anda, celana Anda akan sedikit menyusut. Oleh karena itu lebih baik memakai jeans denim Anda beberapa saat sebelum Anda mencuci mereka. Tapi, ketika waktu mencuci tiba, pastikan untuk membalik keluar jeans Anda dan mencuci dengan air dingin. Lalu, biarkan celana jeans Anda menetes kering. Jeans bisa dicuci sesudah 4-5 kali pemakaian.

4. Bra
Anda sebaiknya tidak pernah memakai bra yang sama dua hari berturut-turut, karena faktanya bahwa bahan elastis bra membutuhkan waktu untuk membentuk kembali. Dengan rotasi beberapa bra yang tepat, memungkinkan masing-masing 24 jam untuk membentuk kembali. Anda hanya perlu mencuci bra setelah tiga sampai empat kali pemakaian, dengan menggunakan siklus mesin biasa.

5. Rambut
Mencuci rambut setiap hari akan melucuti minyak alaminya, jadi sebaiknya cuci setiap hari. Jika akar rambut Anda berminyak, Anda bisa menggunakan sampo kering untuk menyerap lemak yang tidak diinginkan. 

6. Jendela
Membersihkan jendela Anda baik di dalam maupun di luar dengan squeegee selalu menghasilkan hasil terbaik. Setelah membersihkan awal dengan spons, gunakan kain bebas serat untuk membersihkan strip 1 inci di bagian atas jendela dan kemudian tarik ke bawah dengan pisau squeegee yang sudah dibasahi. Jendela bisa dibersihkan dua kali setahun.

7. Matras
Meski ukurannya, kasur adalah salah satu hal termudah untuk membersihkan rumah Anda. Pertama, vakum di bagian atas kasur menggunakan pelapis jok. Kemudian, buang noda apapun dengan menyeka permukaan dengan kain lembab dan sedikit sampo tanpa pelapis. Matras dapat dicuci setiap 6 bulan.

8. Oven
Beberapa oven akan membersihkan diri mereka sendiri, tapi jika tidak, Anda selalu bisa membersihkannya semalaman saat Anda tidak menggunakannya. Untuk memulai, keluarkan rak dan biarkan terendam dalam air hangat. Selanjutnya, semprotkan bagian dalam dan pintu dengan pembersih oven dan biarkan selama beberapa jam. Lalu, usap bersih. Oven bisa dibersihkan setiap 6 bulan. 

9. Karpet
Saat dibersihkan secara teratur, karpet bisa meningkatkan kualitas udara ruangan dengan menjebak alergen dan debu. Sebuah vakum cepat harus diikuti dengan uap penuh bersih untuk menyedot semua kotoran. Setiap setahun sekali, karpet bisa dibersihkan.

10. Dompet

Pengujian telah menunjukkan bahwa dompet kadang membawa E.coli dan kuman lainnya yang tidak diinginkan. Tisu bebas alkohol harus digunakan pada bahan kulit dan mesin tradisional atau mencuci dengan tangan untuk bahan kapas. Dompet harus dibersihkan setiap minggu.

11. Mesin Cuci

Mesin cuci dan pengering diketahui memiliki bakteri seperti E.coli dan Salmonella. Atur mesin ke level tertinggi dan suhu terpanas. Kemudian tambahkan dua cangkir cuka putih dan jalankan melalui siklusnya. Ulangi dengan setengah cangkir baking soda, lalu bersihkan. Mesin cuci dianjurkan untuk dibersihkan setiap bulan.

12. Wastafel Dapur

Wastafel dapur memiliki konsentrasi mikroorganisme tertinggi kedua di rumah Anda, sehingga pembersihan setiap hari sangat dianjurkan. Untuk melakukan ini, semprot dengan disinfektan dan bersihkan dengan lap basah.

13. Kloset

Meskipun kita menggunakan kloset kita setiap hari, seringkali bisa diabaikan saat waktu pembersihan tiba. Gunakan semprotan desinfektan dan lap untuk membersihkan bagian luar dan pembersih pada bagian dalam. Biarkan pembersih selama 10 menit, sebelum menggosok dengan sikat toilet untuk memastikan bahwa semua kuman telah dimusnahkan. Kloset dianjurkan untuk dibersihkan sekali seminggu.

14. Handuk Mandi

Selama Anda mengeringkan handuk mandi Anda dengan benar di siang hari, Anda bisa menunggu seminggu sebelum Anda mencuci mereka. Berhati-hatilah untuk menggunakan setengah jumlah deterjen saat mencuci, karena terlalu banyak sabun akan membuat handuk kurang lembut. Selain itu, cuci dengan air hangat dan tuangkan pelembut kain. Handuk bisa dibersihakan satu minggu sekali.

15. Lemari Es

Jika Anda ingin memastikan bahwa semua makanan Anda disimpan di lingkungan bebas kuman, perhatian harus diberikan agar kulkas Anda tetap bersih. Gunakan campuran air dan cuka dengan rasio yang sama untuk menyeka bagian dalam, begitu juga di luar dan biarkan pintu terbuka beberapa saat kemudian untuk membiarkannya mengering. Lemari es dianjurkan untuk dibersihkan

16. Mobil
Jika Anda tinggal di tempat yang mengalami cuaca buruk, atau bahkan jika Anda berkendara sejauh beberapa mil setiap minggu atau memarkir mobil Anda di jalan, sebaiknya cuci mobil setiap minggu. Jika tidak, Anda bisa menunggu dua atau tiga minggu berlalu sebelum mengeluarkan air panas dan spons.

Kesimpulan
Itulah beberapa tips membersihkan barang sesuai dengan waktunya dan bagaimana cara membersihkannya. Mulai dari sekarang Anda bisa menyesuaikan waktu pembersihan barang Anda supaya barang Anda dapat digunakan sesuai usia pemakaian yang wajar dan higienis. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar