Welcome To My Ordinary Blog! I'm Glad You're Here! :))

Menu

Selasa, 26 September 2017

Istana Maimun: Kemegahan Warisan Kesultanan Deli di Medan


Medan memang terkenal dengan pesona wisata yang luar biasa. Selain terkenal dengan kulinernya sangat ciamik, Medan yang merupakan sentral pemerintahan dari Provinsi Sumatera Utara ini juga terkenal dengan bangunan megah dan arsitektur unik, seperti salah satunya Istana Maimun.


Istana Maimun yang didominasi warna kuning dibangun oleh Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana khas Kesultanan Melayu-Deli ini dibangun dengan desain dari seorang arsitek Italia pada tahun 1888. Istana Maimoon dibangun di atas tanah seluas 2.772 m persegi di pusat kerajaan Deli, sekarang berada di Jalan Brigjen Katamso, Medan.

Ruangan di dalamnya cukup banyak, yaitu terdiri atas 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Telusuri Aneka Corak Budaya
Sumber: www.pegipegi.com
Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia. Beberapa bahan bangunan yang diimpor dari Eropa, seperti ubin lantai, marmer, dan teraso. Pola arsitektur Belanda dengan pintu dan jendela lebar dan tinggi, serta pintu bergaya Spanyol menjadi bagian dari Istana Maimun. Pengaruh Islam terlihat dalam bentuk kurva atau arcade di beberapa bagian atap istana.

Mengenal Warisan Kesultanan Deli
Di dalam Istana, kita bisa melihat berbagai macam koleksi peninggalan Kesultanan Melayu-Deli. Terdapat furnitur, pakaian adat, perhiasan-perhiasan nan cantik, pusaka, dan barang antik khas Melayu.

Jadi Raja dan Ratu Sehari
Istana Maimun menawarkan pengalaman jadi ratu dan raja sehari buat kamu dan pasangan. Dengan menyewa pakaian adat khas Melayu, kamu bisa berfoto eksklusif di atas singgasana raja. Kalau perlu, kamu ajak keluarga kamu ke sini buat foto kerajaan. Cukup dengan membayar Rp 10.000,00 saja per orang, kamu bebas mengenakan pakaian adat selama kunjungan kamu di sana. Ada kursi ala kerajaan yang disediakan untuk berfoto, dan ada yang dilarang untuk diduduki. Hasil foto kamu bisa dijadikan pajangan di rumah, atau bisa kamu pamerkan di Medsos kamu!



Sumber: www.pegipegi.com

Bagaimana? Apakah destinasi wisata Istana Maimun akan kamu masukan ke list wisata mu di Medan. Dengan membayar tiket seharga Rp 5000,00 saja, kamu bisa menikmati fasilitas ekstra di atas dan bisa membeli oleh-oleh khas Melayu-Deli yang mungkin saja cuma kamu bisa temui di sini selama kamu di Medan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar